Bab 5 Sinkronisasi Proses


Bab 5
Sinkronisasi Proses


POKOK BAHASAN:

·         Permasalahan Critical Section
·         Sinkronisasi Perangkat Keras
·         Semaphore
·         Masalah-masalah Klasik dalam Sinkronisasi

TUJUAN BELAJAR:
Setelah mempelajari materi dalam bab ini, mahasiswa diharapkan mampu:
·         Memahami permasalahan critical section
·         Memahami algoritma sinkronisasi 
·         Memahami konsep semaphore untuk sinkronisasi proses
·         Memahami implementasi sinkronisasi dengan masalah-masalah klasik dalam
 sinkronisasi proses

5.1   LATAR BELAKANG
Proses-proses yang konkuren adalah proses-proses (lebih dari satu) berada
pada saat yang sama.  Proses-proses ini dapat sepenuhnya tak bergantung dengan yang
lainnya, tapi dapat juga saling berinteraksi.  Proses-proses yang berinteraksi
memerlukan sinkronisasi agar terkendali dengan baik.
Proses-proses yang melakukan akses secara konkuren pada data yang
digunakan bersama-sama menyebabkan data tidak konsisten (inconsistence).  Agar data
konsisten dibutuhkan mekanisme untuk menjamin eksekusi yang berurutan pada proses-
proses yang bekerja sama.  Pada model shared memory untuk penyelesaian 
permasalahan bounded-buffer paling banyak menyimpan n – 1 item pada buffer pada
saat yang bersamaan.  Untuk mendapatkan solusi dimana semua N buffer digunakan
bukan masalah yang sederhana.  Misalnya dilakukan modifikasi kode producer-
consumer dengan menambahkan variabel  counter yang diinisialisasi 0 dan dinaikkan
setiap satu item baru ditambahkan ke buffer.  Definisi data  yang digunakan bersama-
sama (shared data) adalah sebagai berikut :
#define BUFFER_SIZE 10
typedef struct {
. . .
} item;
item buffer[BUFFER_SIZE];
int in = 0;
int out = 0;
int counter = 0;

Proses pada producer akan menambahkan satu nilai variabel counter sebagai berikut :
 item nextProduced;
 while (1) {
  while (counter == BUFFER_SIZE)
   ; /* do nothing */
  buffer[in] = nextProduced;
  in = (in + 1) % BUFFER_SIZE;
   counter++;
 }
Sebaliknya juga proses pada consumer akan menurunkan satu nilai variabel counter
sebagai berikut :
  item nextConsumed;
 while (1) {
  while (counter == 0)
   ; /* do nothing */
  nextConsumed = buffer[out];
  out = (out + 1) % BUFFER_SIZE;
   counter--;
 }
Pernyataan  counter++  dan  counter--  harus dilakukan secara atomik. 
Operasi atomik adalah operasi yang harus menyelesaikan seluruh pernyataannya tanpa
interupsi.  Pernyataan counter++ akan diimplementasikan dalam bahasa mesin sebagai
berikut :
register1 = counter
 register1 = register1 + 1
counter = register1

Sedangkan pernyataan  counter--  akan diimplementasikan dalam bahasa mesin
sebagai berikut :
register1 = counter
 register1 = register1 + 1
counter = register1

Apabila baik producer dan consumer mencoba mengubah buffer secara
konkuren, pernyataan dalam bahasa mesin diatas akan dilakukan secara terpisah. 
Misalnya counter diinisialisasi 5.  Pernyataan yang dijalankan adalah :
producer: register1 = counter (register1 = 5)
producer: register1 = register1 + 1 (register1 = 6)
consumer: register2 = counter (register2 = 5)
consumer: register2 = register2 – 1 (register2 = 4)
producer: counter = register1 (counter = 6)
consumer: counter = register2 (counter = 4)
Nilai  counter kemungkinan bernilai 4 atau 6, sedangkan hasil yang benar
seharusnya 5, hal ini yang dimaksud dengan data yang tidak konsisten.  Situasi dimana
beberapa proses mengakses dan memanipulasi data yang digunakan bersama-sama
secara konkuren disebut dengan race condition.  Nilai akhir dari data yang digunakan
bersama-sama tersebut tergantung dari proses yang terakhir selesai.  Untuk mencegah
race condition tersebut, proses yang konkuren harus dilakukan sinkronisasi.

 5.2   PERMASALAHAN CRITICAL-SECTION (CRITICAL-SECTION PROBLEM)
Suatu system terdiri dari n proses dimana semuanya berkompetisi menggunakan
data yang digunakan bersama-sama.  Masing-masing proses mempunyai sebuah kode
segmen yang disebut dengan  critical section, dimana proses memungkinkan untuk
mengubah variabel umum, mengubah sebuah tabel, menulis file dan lain sebagainya. 
Gambaran penting dari sistem adalah, ketika sebuah proses dijalankan di dalam critical
section, tidak ada proses lain yang diijinkan untuk menjalankan  critical section-nya. 
Sehingga eksekusi dari  critical section oleh proses-proses tersebut berlaku eksklusif
(mutually exclusive).  Permasalahan critical section digunakan untuk mendesain sebuah
protokol dimana proses-proses dapat bekerja sama.  Masing-masing proses harus
meminta ijin untuk memasuki  critical section-nya.  Daerah kode yang
mengimplementasikan perintah ini disebut daerah  entry.   Critical section biasanya
diikuti oleh daerah exit.  Kode pengingat terletak di daerah remainder.
Sebuah solusi dari permasalahan  critical section harus memenuhi 3 syarat
sebagai berikut :
1.  Mutual Exclusion.  Apabila proses Pi  menjalankan critical section-nya, maka tidak
ada proses lain yang dapat menjalankan critical section.
2.  Progress.  Apabila tidak ada proses yang menjalankan  critical section-nya dan
terdapat beberapa proses yang akan memasuki  critical section-nya, maka hanya
proses-proses itu yang tidak diproses di dalam daerah pengingat (remainder) dapat
ikut berpartisipasi di dalam keputusan proses mana yang akan memasuki  critical
section selanjutnya, dan pemilihan ini tidak dapat ditunda tiba-tiba.
3.  Bounded Waiting.  Terdapat batasan jumlah waktu yang diijinkan oleh proses lain
untuk memasuki critical section setelah sebuah proses membuat permintaan untuk
memasuki critical section-nya dan sebelum permintaan dikabulkan.
Asumsi bahwa masing-masing proses dijalankan pada kecepatan bukan nol
(nonzero).  Akan tetapi tidak ada asumsi mengenai kecepatan relatif dari proses ke n.
Pemecahan masalah critical section tidak mengandalkan semua asumsi tentang
instruksi hardware atau jumlah prosessor dari hardware yang mendukung.  Akan tetapi,
diasumsikan bahwa instruksi dasar bahasa mesin (instruksi primitif, misalnya  load,
store dan  test) dijalankan secara otomatis.  Sehingga apabila dua instruksi dijalankan
bersama-sama, hasilnya ekuivalen dengan deret eksekusi dalam beberapa pesanan yang
tidak diketahui.  Sehingga apabila perintah  load dan  store dijalankan bersama-sama,
perintah  load  akan mempunyai nilai lama atau nilai baru, tetapi tidak kombinasi dari
kedua perintah itu.
Ketika mengimplementasikan suatu algoritma, kita menentukan dahulu hanya
variable-variabel yang digunakan untuk keperluan sinkronisasi dan menggambarkan
hanya proses Pi seperti struktur seperti Gambar 5-1.  Entry section dan exit section di
dalam kotak untuk menunjukkan segmen kode yang penting.  Proses-proses
kemungkinan menggunakan variabel-variabel umum untuk sinkronisasi kegiatannya.

do {

critical section

remainder section
} while(1)



5.2.1  Pemecahan Dua Proses
Pada sub bab ini kita membatasi pada algoritma yang dapat diaplikasikan
hanya terhadap dua proses pada satu waktu.  Proses tersebut diberi nama P0 dan  P1. 
Untuk jelasnya, ketika menyatakan Pi, kita gunakan Pj untuk menyatakan proses yang
lain, dimana j = 1 – i.

5.2.1.1 Algoritma 1
Pendekatan pertama adalah memperbolehkan semua proses menggunakan
variable integer turn diinisialisasi ke 0 (atau 1).  
int turn;
Apabila turn = i, maka proses Pi diijinkan untuk menjalankan critical section – nya. 
Struktur dari proses Pi adalah sebagai berikut :

entry section
exit section
Gambar 5-1 : Struktur umum dari proses Pi
do {
while (turn != i) ;
    critical section
turn = j;
reminder section
} while (1);

Pemecahan ini menjamin hanya satu proses pada satu waktu yang dapat berada
di critical section.  Tetapi hal ini tidak memuaskan kebutuhan progress, karena hal ini
membutuhkan proses lain yang tepat pada eksekusi dari  critical section.  Sebagai
contoh, apabila  turn=0 dan  P1 siap untuk memasuki  critical section,  P1  tidak dapat
melakukannya, meskipun P0 mungkin di dalam remainder section – nya.

5.2.1.2 Algoritma 2
Kelemahan dengan algoritma 1 adalah tidak adanya informasi yang cukup
tentang state  dari masing-masing proses.  Untuk mengatasi masalah ini dilakukan
penggantian variabel turn dengan array
boolean flag[2];
Inisialisasi awal flag [0] = flag [1] = false.  Apabila flag[i] bernilai true, 
nilai ini menandakan bahwa  Pi  siap  untukmemasuki  critical section.  Struktur dari
proses Pi adalah sebagai berikut :
do {
  flag[i] := true;
while (flag[j]) ;
 critical section
   flag [i] = false;
   remainder section
 } while (1);

Pemecahan ini menjamin  mutual exclusion, tetapi masih belum memenuhi
progress .


5.2.1.3 Algoritma 3
Algoritma ini merupakan kombinasi algoritma 1 dan algoritma 2.  Harapannya
akan didapatkan solusi yang benar untuk masalah  critical-section, dimana proses ini
menggunakan dua variabel :
int turn;
boolean flag[2];
Inisialisasi flagI[0] = flag[1] = false  dan nilai dari turn bernilai 0 atau 1. 
Struktur dari proses Pi adalah :
do {
flag [i]:= true;
  turn = j;
  while (flag [j] and turn = j) ;
critical section
flag [i] = false;
remainder section
} while (1);

Algoritma ketiga ini memenuhi ketiga kebutuhan diatas yaitu  mutual exclusion,
progress dan  bounded waiting  dan memecahkan permasalahan  critical section untuk
dua proses.

5.2.2  Algoritma Bakery
Algoritma Bakery adalah algoritma yang digunakan untuk pemecahan
permasalahan critical section pada n proses.  Sebelum memasuki critical section, proses
menerima nomo.  Proses yang mempunyai nomor terkecil dapat memasuki  critical
section.  Jika proses Pi dan Pj menerima nomor yang sama, jika  i <  j maka Pi dilayani
lebih dahulu, sebaliknya Pj akan dilayani lebih dahulu.  Skema pemberian nomor selalu
membangkitkan nomor dengan menaikkan nilai urut misalnya 1, 2, 3, 3, 3, 3, 4, 5, ….. 
Pada algoritma bakery terdapat notasi <≡ untuk urutan nomor (ticket #, process id #)
sebagai berikut :
•  (a,b) < (c,d) if a < c or if a = c and b < d
•  max (a0,…,  an-1) is a number,  k, such that  k  ≥ ai for  i - 0, 
…, n – 1
Variabel umum  yang digunakan adalah :
  boolean choosing[n];
 int number[n];
Struktur data diatas diinisialisasi false dan 0.  Struktur dari proses Pi adalah :
do { 
 choosing[i] = true;
 number[i] = max(number[0], number[1], …, number [n – 1])+1;
 choosing[i] = false;
 for (j = 0; j < n; j++) {
  while (choosing[j]) ; 
  while ((number[j] != 0) && (number[j],j < number[i],i)) ;
 }
   critical section
 number[i] = 0;
   remainder section
} while (1);


5.3   PERANGKAT KERAS SINKRONISASI
Pada sistem multiprosessor, proses-pmroses bertindak independen.  Interupsi di
satu pemroses tidak mempengaruhi pemroses-pemroses yang lain.  Pemroses-pemroses
yang memakai memori bersama maka pengaksesan terhadap suatu memori dijaga pada
tingkat perangkat keras agar tidak boleh pemroses lain tidak dapat mengakses suatu
lokasi yang sama di saat yang sama.
Perancang perangkat keras menyediakan instruksi-instruksi atomik yang tak
dapat diinterupsi.  Instruksi dilaksanakan sampai selesai.  Instruksi ini biasanya
dilaksanakan dengan cara mngunci bus sehingga pemroses-pemroses lain tak dapat
menggunakan bus.  Pemroses yang mengunci bus dengan leluasa membaca dan/atau
memodifikasi suatu lokasi memori.
Beragam instruksi mesin disediakan oleh perancang pemroses guna membantu
implementasi mutual exclusion. 
•  tsl (test and set lock)
•  tas atau ts (test and set), digunakan IBM S/360, keluarga Motorola M68000, dan
lain-lain
•  cs (compare and set), digunakan IBM 370 series
•  exchange (xchg), digunakan intel X86
•  dsb

5.3.1  Metode Test and Set
Metode Test and Set melakukan testing dan memodifikasi isi memori secara
atomik menggunakan fungsi Test and Set sebagai berikut :
boolean TestAndSet (boolean &target)
{
boolean rv = target;
 tqrget = true;
 return rv;
}

Untuk menyelesaikan permasalahan mutual exclusion dengan metode Test and
Set maka digunakan variable umum berikut :
  boolean lock = false;
Sedangkan Process Pi mempunyai struktur sebagai berikut :
  do {
   while (TestAndSet(lock)) ;
     critical section
   lock = false;
     remainder section
  }

5.3.2  Metode Swap
Metode swap menggunakan prosedur swap untuk menukar dua variable secara
atomic.  Prosedur swap adalah sebagai berikut :

  void Swap(boolean &a, boolean &b) {
    boolean temp = a;
    a = b;
    b = temp;
  }
Untuk menyelesaikan permasalahan  mutual exclusion menggunakan prosedur swap,
variabel umum yang digunakan adalah
   boolean lock;
  boolean waiting[n];
Kedua variable diatas diinisialisasi  false.  Sedangkan struktur process  Pi  adalah
sebagai berikut :
  do {
    key = true;
    while (key == true) 
     Swap(lock,key);
       critical section
     lock = false;
      remainder section
   }


5.4   SEMAPHORE
Semaphore adalah pendekatan yang dikemukakan Dijkstra.  Prinsip semaphore
adalah sebagai berikut :  Dua proses atau lebih dapat bekerja sama dengan
menggunakan penanda-penanda sederhana.  Proses dipaksa berhenti sampai proses
memperoleh penanda tertentu.  Sembarang kebutuhan koordinasi kompleks dapat
dipenuhi dengan strukstur penanda yang sesuai kebutuhannya.  Variabel khusus untuk
penandaan ini disebut semaphore.
Semaphore  adalah alat untuk sinkronisasi yang tidak membutuhkan  busy
waiting.  Semaphore S  berupa variable integer.  Semaphore hanya dapat diakses melalui
operasi atomic yang tak dapat diinterupsi sampai kode selesai.  Operasi dari semaphore
S adalah wait dan signal berikut :
wait (S):  
while S≤ 0 do no-op;
S--;

signal (S): 
S++;

Adanya semaphore mempermudah penyelesaian persoalan critical section pada
n proses.  Penyelesaian critical section menggunakan semaphore menggunakan variabel
umum berikut :
semaphore mutex; 
Variabel  semaphore  mutex diinisialisasi  mutex = 1.  Sedangkan struktur program
untuk proses Pi adalah :
 do {
wait(mutex);
         critical section
signal(mutex);
        remainder section
} while (1);
Implementasi  semaphore  harus dapat menjamin  mutual exclusion variabel
semaphore, yaitu hanya mengijinkan satu proses pada satu saat yang boleh
memanipulasi semaphore.  Implementasi sebuah semaphore menggunakan struktur data
record sebagai berikut :
typedef struct {
   int value;
     struct process *L;
} semaphore;
Pada  semaphore  terdapat dua operasi sederhana yaitu  block untuk menghentikan
sementara proses yang menggunakan  semaphore dan  wakeup(P) untuk melanjutkan
eksekusi proses P yang di-blok.  Operasi wait dan signal dari semaphore didefinisikan
sebagai :
wait(S): 
 S.value--;
if (S.value < 0)  {
    tambahkan proses ke S.L;
 block;
  }
  
signal(S): 
  S.value++;
if (S.value <= 0) {
  hapus proses P dari S.L;
 wakeup(P);
}

Sebagai alat sinkronisasi yang umum,  semaphore dieksekusi oleh suatu proses
setelah proses lain.  Misalnya semaphore  B pada proses  Pj  hanya dieksekusi setelah
semaphore  A dieksekusi pada proses Pi.  Pada saat menggunakan semaphore,  flag
diinisialisasi 0.  Kode yang diakses proses Pi dan Pj dapat dilihat berikut ini :
  Pi   Pj
   M      M
   A    wait(flag)
   signal(flag)   B

Semaphore merupakan salah satu sumber daya sistem.  Misalnya dua proses P1
dan  P2, dua sumber daya kritis  R1 dan  R2, proses  P1  dan  P2 harus mengakses kedua
sumber daya.  Kondisi berikut dapat terjadi : R1 diberikan ke P1, sedang R2 diberikan ke
P2.  Apabila dua proses untuk melanjutkan eksekusi memerlukan kedua sumber daya
sekaligus maka kedua proses akan saling menunggu sumber daya lain selamanya.  Tak
ada proses yang dapat melepaskan sumber daya yang telah dipegangnya karena
menunggu sumber daya lain yang tak pernah diperolehnya.  Kedua proses dalam kondisi
deadlock, tidak dapat membuat kemajuan apapun. 
Pada saat beberapa proses membawa  semaphore  dan masing-masing proses
menunggu  semaphore  yang sedang dibawa oleh proses lain maka kemungkinan akan
terjadi deadlock.  Misalnya terdapat dua semaphore S dan Q  yang diinisialisasi 1.  
P0     P1
wait(S);    wait(Q);
wait(Q);    wait(S);
M      M
signal(S);    signal(Q);
signal(Q);   signal(S);

Proses P0 dan P1 masing-masing menjalankan operasi wait(S) dan wait(Q).   Kemudian
proses P0  dan P1 menjalankan operasi wait(Q) dan wait(S) maka sistem akan deadlock
sampai salah satu proses menjalankan operasi signal.  
Apabila suatu proses tidak pernah dihapus dari antrian semaphore setelah suatu
semaphore dihentikan sementara, maka terjadi bloking yang tak terbatas.  Keadaan ini
disebut starvation.
Keadaan starvation digambarkan sebagai berikut.  Misalnya terdapat tiga proses
P1, P2 dan P3 yang memerlukan pengaksesan sumber daya R secara periodik.  Skenario
yang bisa terjadi :
•  P1 sedang diberi sumber daya R, P2 dan P3 blocked menunggu sumber daya R.
•  Ketika P1 keluar dari critical section, P2 dan P3 diijinkan mengakses R.
•  Asumsi P3 diberi hak akses.  Kemudian setelah selesai, hak akses kembali diberikan
ke P1 yang saat itu kembali membutuhkan sumber daya R.
Jika pemberian hak akses bergantian terus-menerus antara P1 dan P3, maka P2
tidak pernah memperoleh pengaksesan sumber daya R, meski tidak ada deadlock.  Pada
situasi ini, P2 mengalami yang disebut Starvation.
Terdapat dua bentuk  semaphore  yaitu  counting semaphore   dan  binary
semaphore.   Counting semaphore  menggunakan nilai integer yang mempunyai
jangkauan tak terbatas seperti pada struktur yang telah dijelanskan diatas.   Binary
semaphore  menggunakan nilai integer dengan jangkauan antara 0 dan 1 sehingga
implementasinya lebih sederhana.   Counting semaphore S  diatas dapat
diimplementasikan dengan binary semaphore.  Struktur data yang digunakan adalah :
binary-semaphore S1, S2;
 int C:  
Struktur data diatas diinisialisasi dengan
 S1 = 1
 S2 = 0
  C = initial value of semaphore S
Implementasi operasi wait dan signal pada binary semaphore S adalah sebagai berikut :
Operasi wait :
wait(S1);
C--;
if (C < 0) {
 signal(S1);
 wait(S2);
}
signal(S1);
  
Operasi signal :
wait(S1);
C ++;
if (C <= 0)
 signal(S2);
else
 signal(S1);


5.5   MASALAH-MASALAH KLASIK SINKRONISASI
Untuk mengimplementasikan permasalahan sinkronisasi dapat menggunakan
model yang digunakan untuk permasalahan Bounded Buffer, Reader Writer dan Dining
Philosopher yang akan dijelaskan di bawah ini.

5.5.1  Bounded-Buffer (Producer-Consumer) Problem
Produsen menghasilkan barang dan konsumen yang akan menggunakannya. 
Ada beberapa batasan yang harus dipenuhi, antara lain :
-  Barang yang dihasilkan oleh produsen terbatas
-  Barang yang dipakai konsumen terbatas
-  Konsumen hanya boleh menggunakan barang yang dimaksud setelah produsen
menghasilkan barang dalam jumlah tertentu
-  Produsen hanya boleh memproduksi barang jika konsumen sudah kehabisan barang
Untuk penyelesaian permasalahan  bounded buffer  menggunakan  semaphore
menggunakan variabel umum berikut :
semaphore full, empty, mutex;
Inisialisasi untuk variable diatas, full = 0, empty = n, mutex = 1.   Struktur
program untuk produsen adalah 
do { 
   …
    menghasilkan item pada nextp
    …
  wait(empty);
  wait(mutex);
    …
    menambah nextp ke buffer
    …
  signal(mutex);
  signal(full);
 } while (1);
Sedangkan struktur program untuk konsumen adalah 
do { 
  wait(full)
  wait(mutex);
    …
   mengambil item dari buffer ke nextc
    …
  signal(mutex);
  signal(empty);
    …
   menggunakan item pada nextc
    …
 } while (1);
5.5.2  Reader and Writer Problem
Terdapat dua variasi pada masalah ini, yaitu :
a.  seorang  reader tidak perlu menuggu  reader lain untuk selesai hanya karena ada
writer menunggu (reader memiliki prioritas lebih tinggi disbanding dengan writer)
b.  Jika ada  writer yang sedang menunggu, maka tidak boleh ada  reader  lain yang
bekerja (writer memiliki prioritas yang lebih tinggi)
Jika terdapat  writer dalam  critical section dan terdapat  n  reader  yang
menunggu, maka satu  reader  akan antri di wrt dan n-1  reader  akan antri di mutex.  
Jika  writer mengeksekusi  signal(wrt), maka dapat disimpulkan bahwa eksekusi
adalah menunggu reader atau menunggu satu writer.  Variabel umum yang digunakan
adalah
semaphore mutex, wrt;
Inisialisasi variable diatas adalah  mutex = 1, wrt = 1, readcount = 0. 
Struktur proses writer adalah 
wait(wrt);
   …
   menulis
   …
  signal(wrt);
Sedangkan struktur proses reader adalah
wait(mutex);
 readcount++; 
 if (readcount == 1)
  wait(rt);
 signal(mutex);
    …
  membaca
   …
  wait(mutex);
 readcount--;
 if (readcount == 0)
  signal(wrt);
 signal(mutex):
5.5.3  Dining-Philosophers Problem
Permasalahan dining-philosophers digambarkan pada Gambar 5-2 dimana terdapat
5 filosof yang akan makan.  Di sana disediakan 5 supit.  Jika filosof lapar, ia akan
mengambil 2 supit yaitu di tangan kanan dan kiri.  Namun adakalanya hanya diambil
supit satu saja.  Jika ada filosof yang mengambil 2 supit, maka ada filosof yang harus
menunggu sampai supit tersebut diletakkan.   Hal ini dapat diimplementasikan dengan
wait dan signal.

Struktur data yang digunakan untuk penyelesaian permasalahan ini dengan semaphore
adalah 
semaphore chopstick[5];
Dimana semua nilai array dinisialisasi 1.  Struktur program untuk filosof ke i adalah
 do {
  wait(chopstick[i])
  wait(chopstick[(i+1) % 5])
    …
    makan
    …
Gambar 5-2 : Lima filosof dalam satu meja makan
   signal(chopstick[i]);
  signal(chopstick[(i+1) % 5]);
    …
    berfikir
    …
 } while (1);

Meskipun solusi ini menjamin bahwa tidak ada 2 tetangga yang makan bersama-
sama, namun masih mungkin terjadi deadlock, yaitu jika tiap-tiap filosof lapar dan
mengambil supit kiri, maka semua nilai supit = 0, dan juka kemudian tiap-tiap filosof
akan mengambil supit kanan, maka akan terjadi  deadlock.  Ada beberapa cara untuk
menghindari deadlock, antara lain :
a.  mengijinkan paling banyak 4 orang filosof yang duduk bersama-sama pada satu
meja.
b.  Mengijinkan seorang filosof mangambil supit hanya jika kedua supit itu ada (dengan
catatan, bahwa ia harus mengambil pada critical section)
c.  Menggunakan suatu solusi asimetrik, yaitu filosof pada nomor ganjil mengambil
supit kanan dulu baru supit kiri.  Sedangkan filosof yang duduk di kursi genap
mengambil supit kanan dulu baru supit kiri.


5.6   CONTOH SINKRONISASI
5.6.1  Sinkronisasi pada Solaris 2
Pada Solaris 2, sinkronisasi diimplementasikan dengan menggunakan beberapa
kunci untuk mendukung sistem multitasking, multithreading (termasuk thread real time)
dan multiprosessing.  Solaris 2 menggunakan  adaptive mutex untuk efisiensi sistem
pada saat proteksi data dari kode segment yang pendek.  Selain itu juga menggunakan
variabel kondisi dan kunci  reader writer apabila kode segmen lebih panjang
memerlukan akses ke data.  Solaris 2 juga menggunakan  turnstile untuk mengurutkan
daftar thread yang menunggu untuk memperoleh baik adaptive mutex atau kunci reader
writer.

5.6.2  Sinkronisasi pada Windows 2000
Implementasi sinkronisasi pada Windows 2000 menggunakan  interrupt mask
untuk memproteksi akses ke sumber daya global pada sistem uniprosessor sedangkan
ada sistem multiprosessor menggunakan  spinlock.  Selain itu Windows 2000 juga
menyediakan  dispatcher object  yang berfungsi sebagai  mutual exclusion  dan
semaphore.  Dispatcher object juga menyediakan event yang berfungsi sebagai variabel
kondisi.

RINGKASAN:

LATIHAN SOAL :

1.  Apa yang dimaksud dengan race condition?
2.  Apakah yang dimaksud dengan critical section ? Untuk menyelesaikan masalah
critical section , ada tiga hal yang harus dipenuhi, sebutkan dan jelaskan !
3.  Bagaimana algoritma Bakery untuk sinkronisasi banyak proses (n proses) ?
4.  Apa yang dimaksud semaphore dan sebutkan operasi pada semaphore
5.  Bagaimana struktur semaphore yang digunakan untuk menyelesaikan
permasalahan :
a.  bounded buffer problem. 
b.  reader and writer problem.
c.  dining philosopher problem.





Penulis : Unknown ~ Sebuah blog yang menyediakan berbagai macam informasi

Artikel Bab 5 Sinkronisasi Proses ini dipublish oleh Unknown pada hari Kamis, 29 Maret 2012. Semoga artikel ini dapat bermanfaat.Terimakasih atas kunjungan Anda silahkan tinggalkan komentar.sudah ada 0 komentar: di postingan Bab 5 Sinkronisasi Proses
 

0 comments:

Posting Komentar