Sistem Operasi
Struktur Sistem Operasi
Komponen sistem
p  Manajemen proses 
p  Manajemen memori utama 
p  Manajemen file
p  Manajemen I/O
p  Manajemen memori sekunder 
Manajemen proses
p  Proses dinyatakan sebagai program
yang dieksekusi 
p  Sebuah batch job
p  Sebuah time-shared user program
p  Sebuah system task seperti spooling
ke printer
p  Proses memerlukan resource untuk
menyelesaikan task
p  CPU time, memory, file dan I/O
device
p  Semua resource dapat diberikan saat
proses dibuat atau dialokasikan saat proses berjalan 
p  Program BUKAN suatu proses. Program
adalah entiti pasif seperti file yang disimpan di disk, proses adalah entiti
aktif, dg program counter untuk menunjuk ke instruksi berikutnya yang akan
dieksekusi 
p  Pada sistem, proses dapat dinyatakan
sebagai unit kerja yang  berisi kumpulan
proses :
p  Beberapa merupakan proses OS
(mengeksekusi kode sistem)
p  Sisanya adalah user proses
(mengeksekusi kode user)
p  Aktifitas yang harus ditangani oleh
OS yang  berhubungan dg manajemen proses
:
p  Membuat (creation) dan menghapus
(deletion) baik  proses user maupun
proses sistem 
p  Menghentikan sementara (suspension)
dan melanjutkan (resumption) proses 
p  Menyediakan mekanisme untuk
sinkronisasi proses 
p  Menyediakan mekanisme untuk
komunikasi proses 
p  Menyediakan mekanisme untuk
menangani deadlock
Manajemen memori utama
p  Memori adalah array besar ukuran
word atau byte, dengan alamat tertentu 
p  Memori adalah gudang pengaksesan
data shared yang cepat oleh CPU dan I/O device
p  CPU membaca instruksi dari main
memory selama siklus instruction-fetch, dan baik membaca dan menulis data dari
dan ke memori selama siklus data-fetch
p  I/O diimplementasi melalui DMA juga
membaca dan menulis data di main memory
p  Program awalnya harus dipetakan ke
alamat absolut dan disimpan di memory untuk dieksekusi 
p  Beberapa program harus diletakkan di
memori untuk  meningkatkan utilitas CPU
dan kecepatan dari respon komputer 
p  Terdapat beberapa skema manajemen
memory yang berbeda, tergantung beberapa faktor terutama desain hardware
p  Aktifitas yang ditangani oleh OS
yang  berhubungan dengan manajemen memory
:
p  Menyimpan bagian memori yang
digunakan dan siapa yang menggunakan 
p  Memutuskan proses yang disimpan ke
memory bila tersedia ruang memory
p  Mengalokasikan dan men-dealokasikan
ruang  memory sesuai kebutuhan 
Manajemen penyimpan sekunder
p  Secondary storage (disk) digunakan
sebagai penyimpan on-line medium baik program maupun data
p  Kebanyakan program, seperti
compiler, assembler, editor dll disimpan di disk sampai disimpan di memory
p  OS bertanggung jawab untuk aktifitas
yang  berhubungan dengan manajemen disk
sbb :
p  Manajemen ruang bebas (free space)
p  Alokasi penyimpan 
p  Penjadwalan disk
p  Penyimpan sekunder harus digunakan
secara efisien 
Manajemen sistem I/O
p  Salah satu tujuan OS adalah
menyembunyikan kerumitan device H/W dari user
Ø  UNIX menyediakan sistem I/O
untuk  menyembunyikan device I/O dari bulk
p  Sistem I/O terdiri dari :
Ø  Sistem buffer-catching
Ø  General device-driver interface
Ø  Drivers for specific H/W device
Manajemen File
p  Manajemen file adalah satu komponen
yang visible dari O/S
p  File adalah unit penyimpan logika,
yang merupakan abstraksi dari properti fisik dari perangkat penyimpan yang
digunakan OS
p  O/S memetakan file ke media fisik
dan mengakses file melalui storage device
p  File adalah kumpulan informasi yang
berhubungan dengan pembuatnya 
p  File berisi urutan bit, byte, baris
atau record yang  berarti bagi creatornya
p  OS mengimplementasikan konsep
abstrak dari file dengan mengatur mass storage media seperti tape dan disk dan
device yang mengontrolnya 
p  File secara normal diorganisasikan
ke dalam direktori. Bila banyak user mengakses file, perlu ada kontrol oleh
siapa dan dengan cara apa file diakses 
p  Aktifitas yang menjadi tanggung
jawab OS yang  berhubungan dengan
manajemen file :
p  Pembuatan dan penghapusan file
p  Pembuatan dan penghapusan direktori 
p  Primitif-primitif yang mendukung
untuk manipulasi file dan direktori 
p  Pemetaan file ke memori sekunder 
p  Backup file ke media penyimpanan
yang stabil (nonvolatile)
Sistem Proteksi
p  Dalam sistem yang mengijinkan
multiple user dan concurrent process, proses-2 yang berbeda harus diproteksi
dari aktifitas proses yang lain
p  Mekanisme harus ditentukan untuk
menjamin file, memory, CPU dan resource lain dapat dioperasikan oleh
proses-proses yang menambah kegunaan OS
p  Proteksi merupakan mekanisme
mengontrol akses program, proses atau user untuk  resource yang ditentukan sistem komputer 
Networking
p  Hal yang penting dalam sistem
terdistribusi dimana kumpulan prosessor tidak membagi memory dan clok; tetapi
setiap memory mempunyai memory lokal sendiri dan prosessor berkomunikasi dengan
yang lain melalui saluran komunikasi yang berbeda 
p  Prosessor dalam sistem dihubungkan
melalui jaringan komunikasi yang dikonfigurasi dengan beberapa cara yang  berbeda 
p  Sistem terdistribusi mengumpulkan
sistem yang  heterogen secara fisik ke
dalam sistem yang koheren,                
menentukan akses user ke resource berbeda yang 
ditangan sistem 
Sistem Command Interpreter
p  Command interpreter adalah system
program terpenting dari OS dan bertindak sebagai antar muka antara user dengan
OS
p  Beberapa OS memasukkan command
interpreter dalam kernel; beberapa lagi seperti MS-DOS dan UNIX memperlakukan
command interpreter sebagai program khusus yang dijalankan saat job
diinisialisasi 
p  Beberapa command yang diberikan OS
sebagai pernyataan kontrol :
p  Bila job baru dimulai dalam sistem
batch atau bila user masuk ke sistem time-shared, program yg membaca dan
meng-interpret pernyataan kontrol dieksekusi otomatis 
p  Program diatas biasanya disebut
control-card interpreter,            
command-line interpreter dan she l (UNIX)
p  OS secara terus menerus mengakses
area command  interpreter, interpreter
yang user-friendly membuat sistem lebih disukai user
Pelayanan Sistem Operasi
p  OS menyediakan pelayanan untuk
program dan untuk user dari program tsb 
p  Pelayanan berbeda untuk OS satu
dengan lainnya 
p  Pelayanan OS disediakan untuk
kenyamanan programmer seperti membuat programming task lebih mudah 



0 comments:
Posting Komentar