Apa Itu Interface?


Interface atau antarmuka dikenal sebagai sarana atau media komunikasi antar manusia dengan sistem. Interface atau anatar muka ini sangat dibutuhkan oleh pengguna sebagai sarana informasi yang diberikan oleh sistem untuk membantu mengarahkan alur penelusuran suatu masalah sehingga tercapailah sebuah solusi dan  tujuannya.
Interface berfungsi untuk menginput pengetahuan baru ke dalam basis pengetahuan sistem pakar (ES), menampilkan penjelasan sistem dan memberikan panduan pemakaian sistem secara menyeluruh secara step by step sehingga pengguna mengerti apa yang akan dilakukan terhadap suatu sistem. Yang terpenting adalah kemudahan dalam memakai atau menjalankan sistem, interaktif, komunikatif, sedangkan kesulitan dalam mengembangkan atau membangun suatu program jangan terlalu diperlihatkan.
Pada suatu interface biasanya menyediakan layanan yang bersifat masukan (input) dan keluaran (output). Layanan input memungkinkan manusia untuk memanipulasi sistem sedangkan layanan output memungkinkan sistem untuk menunjukkan efek manipulasi pengguna.
Tujuan sebuah interface adalah mengkomunikasikan fitur-fitur sistem yang tersedia agar pengguna mengerti dan dapat menggunakan sistem tersebut. Dalam hal ini penggunaan bahasa amat efektif untuk membantu pengertian, karena bahasa merupakan media utama yang dipakai orang untuk berkomunikasi sehari-hari.
 Interface dalam perangkat lunak dibagi menjadi 2 macam, Command Line Interface (CLI) dan Graphical User Interface (GUI). CLI adalah tipe interface dimana sistem operasi yang dipakai berupa text terminal yang berisi program atau perintah tertentu, misalnya menggunakan Command Prompot pada microsoft windows. Sedangkan GUI adalah bentuk komunikasi dengan menampilkan windows, seperti kotak dialog, icon, menu dan sebagainya.

Gambar Interface CLI

Gambar Interface GUI


Penulis : Unknown ~ Sebuah blog yang menyediakan berbagai macam informasi

Artikel Apa Itu Interface? ini dipublish oleh Unknown pada hari Jumat, 20 Februari 2015. Semoga artikel ini dapat bermanfaat.Terimakasih atas kunjungan Anda silahkan tinggalkan komentar.sudah ada 0 komentar: di postingan Apa Itu Interface?
 

0 comments:

Posting Komentar