Menggunakan Sintaks Linux w3m, wget, ssh, scp, rsync!

Selamat sore dan salam blogger, sudah lumayan lama saya belum mem-posting lagi. Pada kali ini, saya akan sedikit berbagi pengalaman dan pengetahuan saya dari beberapa sintaks linux yang biasa digunakan dalam Jaringan Komputer dan Komunikasi Data.

  1.  1. w3m
Sintaks berikut adalah sintaks yang cukup unik, karena dengan menggunakan sintaks tersebut kita dapat melakukan browsing dengan tampilan GUI pada terminal Linux kita, ya terminal!
Memang cukup unik dan saya pun tidak terpikirkan akan hal ini, baik langsung saja berikut hasil percobaan saya menggunakan sintaks "w3m google.com".

Nah, itulah hasil dari menggunakan sintkas w3m, dari hasil yang didapat merupakan sebuah tampilan dari mesin pencarian Google. Namun perlu diperhatikan, untuk dapat menggunakan sintaks tersebut harus terlebih dahulu dilakukan instalasi w3m yaitu dengan perintah "apt-get install w3m".



  1.  2. wget
Sintaks ini mungkin sudah tidak asing lagi didengar oleh para pengguna linux, yap! sintaks ini digunakan untuk melakukan pengunduhan (download) pada sebuah link yang sudah diketahui alamatnya sebelumnya. Cara penggunaannya pun mudah tanpa harus melakukan instalasi terlebih dahulu. Berikut percobaan dari sintaks wget.


Dalam percobaan ini, saya melakukan pengunduhan file winbox dan file e-book dari link yang sudah saya siapkan sebelumnya.


  1. 3. ssh
SSH adalah Secure Shell merupakan sebuah protokol jaringan kriptografi untuk komunikasi data yang aman, login antarmuka baris perintah, perintah eksekusi jarak jauh, dan layanan jaringan lainnya antara dua jaringan komputer. Pada linux pun sintaks ssh disediakan untuk mempermudah pengguna dalam melakukan hal tersebut. Pada percobaan ini saya melakukan eksplorasi dari PC (ubuntu) ke raspberry-pi (raspbian). Sebelum melakukan perintah tersebut, kita harus mengetahui alamat IP dari device yang ingin kita masuki. Dalam kasus ini IP destinasi yang digunakan  raspberry-pi adalah 192.168.1.109. Bagi yang belum mengetahui raspberry-pi bisa langsung buka situs resminya di www.raspberrypi.org.
Dengan menggunakan ssh tersebut akan semakin mudah, aman dan cepat dalam melakukan proses remote ke device yang diinginkan, asalkan kita sudah mengetahui alamat IP nya.


  1. 4. scp
Perintah ini mungkin jarang diketahui oleh para pengguna linux, tapi jika ditanyakan kembali apakah sudah menggunakan aplikasi dari winscp, pasti dari mereka sudah banyak yang menggunakannya. Nah, sebetulnya sintaks ini memiliki fungsi yang sama dengan penggunaan dari aplikasi winscp. SCP adalah Secure Copy dapat diartikan perintah untuk mengkopi dari satu device ke device lain secara remote dan aman. Berikut hasil eksplorasi dengan menggunakan scp.

Dari percobaan tersebut saya melakukan proses mengkopian file enrollment.c dari PC ke raspberry-pi yang berlokasi di /home/pi/komdat. Pada gambar terminal ubuntu menunjukkan proses dari pengkopian file, sedangkan pada terminal raspberry-pi menunjukkan file berhasil dikopikan.


  1. 5. rsync
Sintaks ini pun sepertinya masih asing di telinga para pengguna linux, perintah rsync adalah tools untuk transfer dan prose sinkronisasi file atau tree (struktur direktori dan file) secara satu arah, baik transfer lokal (di sistem yang sama) maupun remote (jaringan/internet). Dapat disumpulkan hampir sama dengan scp, yaitu sama-sama berfungsi sebagai "pengkopi" file. Berikut ini hasil eksplorasi dari rsync:

Pada percobaan ini saya melakukan pengkopian file agung.txt dari PC ke raspberry-pi. Dari gambar terminal ubuntu dapat dilihat hasil proses dari pengkopian file dari PC ke raspberry-pi dengan perintah rsync, dan pada terminal raspberry-pi adalah hasil dari file yang sudah berhasil dikopikan.

Berikut hasil dari isi file yang sudah berhasil dikopikan dengan melihat kedua terminal yang berisikan data file yang sama.

Scp dan rsync memiliki fungsi yang sama yang untuk mengkopikan suatu file ke device lain, namun dari kedua sintaks tersebut terdapat beberapa perbedaan. Perbedaan tersebut dapat dilihat dari  beberapa kelebihan rsync yang didapatkan. Adapun kelebihan-kelebihan rsync dari scp antara lain:

  1. 1. Lebih efisien karena hanya mengkopi file yang berbeda / lebih update
  2. 2. Tidak hanya mengkopi file, tapi juga Supports untuk melakukan copy links, devices,  owners, groups dan permissions.
  3. 3. Lebih cepat dibanding scp karena rsync menggunakan remote-update protocol dimana transfer file hanya dilakukan untuk file yang memiliki perbedaan saja. Pertama perintah ini akan mengkopi tabel file dari sumber ke tujuan, kemudian akan melakukan transfer file yang memiliki perbedaan.
  4. 4. Rsync membutuhkan lebih sedikit bandwidth karena transfer dilakukan dengan metode kompresi.

Demikian hasil eksplorasi yang telah saya lakukan dengan menggunakan sintaks w3m, wget, ssh, scp dan rsync. Semoga dapat bermanfaat dan memberikan informasi baru bagi para pembaca. 
Salam blogger!

Penulis : Unknown ~ Sebuah blog yang menyediakan berbagai macam informasi

Artikel Menggunakan Sintaks Linux w3m, wget, ssh, scp, rsync! ini dipublish oleh Unknown pada hari Senin, 09 November 2015. Semoga artikel ini dapat bermanfaat.Terimakasih atas kunjungan Anda silahkan tinggalkan komentar.sudah ada 0 komentar: di postingan Menggunakan Sintaks Linux w3m, wget, ssh, scp, rsync!
 

0 comments:

Posting Komentar