Consistency And Standards - bogorkab.go.id

Pada prinsip HE ini desain user interface (UI) sistem harus memiliki kekonsistenan dalam bahasa, ukuran tombol-tombol, dan situasi lainnya dalam sebuah situs web.

 

NAVIGASI DAN MENU

Gambar 1. Navigasi dan Menu
Pada navigasi situs web bogorkab.go.id memiliki kekurangan dalam usability yang sudah saya jelaskan sebelumnya di Visibility of System Status - bogorkab.go.id. Namun dalam pembahasan ini akan dijelasakan lebih detail lagi berkaitan dengan hal standar dan konsistensi dalam sebuah situs web.

Masalah:

Pada Gambar 1 terlihat bahwa terjadi ketidakkonsistenan dalam pemilihan bahasa yaitu pada menu "Beranda" dengan "Home" pada sebuah navigasi. Selain itu, masalah konsistensi pun terjadi penulisan "Dinas Koperasi, Usaha Kecil Menegah, Perindustrian dan Perdangan". Pada penulisan itu terjadi ketidakkonsistenan pada warna tulisan dan jenis ukuran tulisan walaupun sebetulnya dari isi tersebut memiliki makna yang sama yaitu mengenai kinerja dari  dalam sebuah pemerintahan. Pada "Kecamatan Ciseeng" pun terjadi ketidakkonsistenan dari jarak spasi antara tulisan sebelumnya.

Solusi:

Untuk menjadikan situs web ini konsisten adalah dengan cara merubah kata dari "Home" menjadi "Beranda" sehingga konsisten dalam penggunaan bahasa. Selanjutnya selaraskan pada penulisan "Dinas Koperasi, Usaha Kecil Menegah, Perindustrian dan Perdangan" dengan isi penulisan yang lainnya sesuai dengan ukuran dan warna tulisannya. Perbaikan pada "Kecamatan Ciseeng" adalah dengan memberikan jarak yang konsisten dengan kata sebelumnya.


 Severity Rating / Peringkat keparahan : Merupakan penilaian berupa peringkat dari 0 - 4
     0 : Saya tidak setuju, tidak menjadi masalah
     1 : Tidak perlu diperbaiki, kecuali tersedia waktu tambahan untuk project
     2 : Permasalahan Minor, prioritas rendah (low priority)
     3 : Permasalahan Mayor, prioritas tinggi (high priority)
     4 : Penting untuk diperbaiki sebelum product di release

     Severity rating / peringkat keparahan untuk beberapa permasalahan ini adalah : 3

Penulis : Unknown ~ Sebuah blog yang menyediakan berbagai macam informasi

Artikel Consistency And Standards - bogorkab.go.id ini dipublish oleh Unknown pada hari Selasa, 02 Juni 2015. Semoga artikel ini dapat bermanfaat.Terimakasih atas kunjungan Anda silahkan tinggalkan komentar.sudah ada 2 komentar: di postingan Consistency And Standards - bogorkab.go.id
 

2 comments:

  1. itu juga selayang pandang bukan merupakan standart yang digunakan karena banyak pengguna yang tidak mengetahui maksud dari selayang pandang tersebut.

    BalasHapus
  2. setuju, harusnya penggunaan bahasa pada website harus konsisten. contohnya, pada website yang anda bahas, ada kata "beranda" dan "home", itu tidak konsisten sekali. saya juga bingung dengan kata selayang pandang itu. sebenarnya maksud dari menu itu apa ya?

    BalasHapus