Match Between System and The Real World - bogorkab.go.id

Pada metode prinsip HE ini adalah mengidentifikasi apakah desain user interface menggunakan sebuah bahasa, frase dan konsep yang sesuai dengan kebiasaan masyarakat sehari-hari. Hal ini penting dilakukan sebagai prinsip dari usability yaitu memudahkan pengguna dalam menggunakan sebuah sistem.
Gambar 1. Menu bogorkab.go.id

BAHASA


Pada menu utama situs web ini menggunakan bahasa Indonesia, menyesuaikan dengan bahasa sehari-hari masyarakat. Menurut saya sudah pas seiring dengan kepentingan situs web yaitu sebuah situs pemerintahan.

ISTILAH YANG DIGUNAKAN 

 

Masalah:

Istilah menu-menu tersebut sangat asing bagi pengguna karena perlu mencoba terlebih dahulu isi dari menu. Pada Menu "JDIM" merupakan sebuah istilah yang banyak tidak diketahui oleh pengguna. Setelah saya mencobanya ternyata menu itu digunakan untuk membuka situs lain yaitu http://jdih.bogorkab.go.id/. Selain istilah yang asing, menu tersebut tidak tepat digunakan sebagai menu utama yang seharusnya menjadi pengantar isi dari situs web tersebut bukan untuk menuju ke luar situs web lain. Selain itu, pada menu "Transparansi Pengelolaan Anggaran Daerah" kurang tepat dijadikan judul menu karena terlalu panjang dan kurang efektif.

 

Solusi:

Sebaiknya pindahkan menu "JDIM" menjadi sebuah link seperti dengan pembuatan icon/badge yang menuju ke situs tersebut atau dapat diletakkan pada footer untuk menghubungkannya. Ubah menu "Transparansi Pengelolaan Anggaran Daerah" menjadi kata yang lebih sederhana. Setelah melihat isi sub dari menu tersebut ternyata isinya menampilkan anggaran dan laporan pemerintahan. Sebaiknya ubah menjadi "Anggaran Daerah".


 Severity Rating / Peringkat keparahan : Merupakan penilaian berupa peringkat dari 0 - 4
     0 : Saya tidak setuju, tidak menjadi masalah
     1 : Tidak perlu diperbaiki, kecuali tersedia waktu tambahan untuk project
     2 : Permasalahan Minor, prioritas rendah (low priority)
     3 : Permasalahan Mayor, prioritas tinggi (high priority)
     4 : Penting untuk diperbaiki sebelum product di release

     Severity rating / peringkat keparahan untuk beberapa permasalahan ini adalah : 4

Penulis : Unknown ~ Sebuah blog yang menyediakan berbagai macam informasi

Artikel Match Between System and The Real World - bogorkab.go.id ini dipublish oleh Unknown pada hari Selasa, 02 Juni 2015. Semoga artikel ini dapat bermanfaat.Terimakasih atas kunjungan Anda silahkan tinggalkan komentar.sudah ada 3 komentar: di postingan Match Between System and The Real World - bogorkab.go.id
 

3 comments:

  1. saya setuju dengan anda. untuk menu utama pada website seharusnya diisi dengan menu yang memberikan informasi penting yang dapat disajikan untuk pengguna.agar pengguna mendapat kan informasi sesuai yang ia kehendaki.dan untuk menu yang lainnya seharunya diletakan pada sub-menu.agar pengguna tidak merasa kebingungan.

    BalasHapus
  2. setuju juga sama komen yg diatas ane, biasanya menu Utama itu memberikan informasi yang paling utamanya saja..

    BalasHapus
  3. iya benar saya setuju, namun banyak situs-situs pemerintahan yang mengeluarkan menu JDIH.
    apakah JDIH itu sangat penting untuk diketahui para pengguna?

    BalasHapus